Breaking News

Akselerasi Sektor Pariwisata, Pelindo Kembangkan Terminal Penumpang Pelabuhan Sibolga

ilustrasi
WISATA MUARA -- PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo) mengembangkan dan membenahi terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga untuk meningkatkan layanan jasa transportasi laut di bagian Barat Sumatera Utara.

General Manager Pelindo I Cabang Sibolga Agust Deritanto mengatakan, pembenahan dan penataan itu merupakan salah satu program pengembangan kepelabuhanan dalam jangka pendek dan menengah.

"Selama ini, Pelabuhan Sibolga merupakan lokasi berlabuh dan berlayar kapal yang membawa penumpang dari dan menuju Pelabuhan Gunung Sitoli di Kepulauan Nias," kata Agust di Medan, Senin (13/8/2018).

Menurutnya, meski pelayaran Sibolga-Gunung Sitoli dilakukan secara rutin, tetapi terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga tidak terlalu besar. Kapal yang dioperasikan untuk rute itu berjenis roro feri yang mengangkut manusia, truk, dan barang.

"Karena itu, untuk meningkatkan kenyamanan penunpang, Pelindo I melakukan pembenahan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga dengan menyiapkan terminal kedatangan dengan luas sekitar 1.500 meter bujur sangka," imbuhnya.

Setelah menjalankan berbagai proses pembangunan, pembenahan, dan pengembangan Pelabuhan Sibolga mengalami progres karena pembangunan fisik telah mencapai sekitar 90%.

"Direncanakan, pembangunan terminal penumpang itu bisa diselesaikan pada November 2018," katanya.

Pengembangan dan pembenahan terminal pelabuhan tersebut juga diharapkan dapat mendukung dalam meningkatkan sektor kepariwisataan daerah, terutama di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Apalagi, lanjut Agust, ada informasi jika Pelabuhan Sibolga akan menjadi salah satu tujuan berlabuh kapal pesiar dari luar negeri, sehingga perlu terminal yang representatif.

"Kami ingin pelabuhan ini nantinya bisa menjadi ikon Sibolga," ujar Agust didampingi ACS Humas Pelindo I Fiona Sari Utami. (sumber)

ad:

baca

Tidak ada komentar